Sunday, April 12, 2020

TUTORIAL CARA MEMBUAT DESIGN KEMASAN MAKANAN

KURSUS KOMPUTER TERBAIK LAMPUNG - METRO TECHNO SOLUTION



Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

hallo teman - teman masih ketemu lagi di blog saya yaitu Zaenal Ma'ruf saya dari SMK N 1 Way Serdang. kali ini saya akan menjelaskan bagai mana Cara Membuat Design Kemasan Makanan. Nah disini saya mendapatkan materi tersebut  dari Lembaga kursus komputer terbaik lampung yaitu Metro Techno Solution. yang tempatnya di Jl.Yosudarso NO.29 Metro Pusat, Metro Lampung. Nah supaya tidak penasaran mari kita simak penjelasan dibawah ini!




Nah disini saya akan menjelaskan cara membuat design kemasan makanan khas Lampung yang menggunakan softwere atau aplikasi corelDraw X7. Di Lampung yaitu identik dengan pisang, karena diLampung banyak menghasilkan pisang. Nah Yang akan kita bahas kali ini yaitu membuat design Punti Lilih Bangik . Nah Punti Lilih Bangik ini adalah makanan yang dibuat dari pisang dan campuran coklat yang meleleh dan rasanya sangat nikmat dan jiosssss. Nah itu arti dari Punti Lilih Bangik.

Nah disini sudah kita buat beberapa dimensi yaitu untuk dimensi halaman muka, dan semua total keseluruhan yaitu 33.57. dan untuk tingginya yaitu 33.0.Untuk langkah - langkah membuat design ini yaitu membuat bagian samping kanan, bagian muka, bagian samping kiri, bagian tampak bawah,dan pengait atau yang sering kita sebut penguncinya.

Mari kita simak penjelasan langkah langkan pembuatan designya di bawah ini.

Langkah Langkah:

1. kita atur lembarnya atau kanvasnya dngan ukuran lebar 33.57cm dan tinggi 33.00 cm.

2.kemudian kita pilih regtungle toolnya dengan ukuran lebar 4,80 cm.dan tinggi samain dengan kertasnya.

3.buat lagi seperti yang tadi dengan ukuran lebar yaitu 10,00 cm. untuk dinmensi tampak mukanya.

4. kita buat dimensi kotak lagi dan letakan di atasnya dengan ukuran tinggi yaitu 4,4 cm.

5. setelah itu kita gunakan shape tool 

6. kemudian klik kanan pada garis yang akan edit dan pilih convert to curves atau ctrl+i

7. kemudian pilih point mana yang akan kita bentuk kemudian pilih to curva. kemudian kita atur sesuai kebutuhan. nah disini untuk pengaitnya yang nantinya akan dipasangkan kedalam lubang yang telah dibuat pada kemasan untuk pengunci kemasan tersebut.

8. kemudian kita buat dimensi untuk pengait lainya dengan ukuran dengan tinggi 4,4 cm.dan menggunakan rectungle tool.

9. kemudian copy paste untuk membuat tampilan yang sama  untuk nantinya diberi warna biar cantik.

10. nah untuk cara selanjutnhya kita buat dimensi yang sama tapi kita letakan di sampingnya. biar mudahnya kita copy paste dimensi mana yang akan kita ambil.lalu tarik dan letakan di kanan ya.

11. nah pada bagian atas berbeda kita bisa delete dimensi yang tadi kemudian ganti dengan bentuk dimensi kotak dengan menggunakan rectungle tool.

12.langkah selanjutanya yaitu kita buat tampak bawahanya,dan dibagian bawah ini berbentuk sama dan hanya berbeda kotak dan ditambahkan pengait pengait.yang nantinya akan dikaitkan dengan samping kanan dan samping kiri.

13.kemudian kita buat pengait yang fungsinya untuk mengunci yang ukuranya lebarnya yaitu 4,0cm dan tingginya yaitu kurng lebih 0,3cm. dan letakan diatas kotak dimensi yang ketiga.

14. untuk membuat lubang yang bisa digunakan untuk pengait nantinya kita copy paste dimensi kotak yang kita buat tadi dan letakan di bawahnya.dan dikasih garis putus putus supaya bisa jadi lubang.

15.untuk membuat bagian dimensi yang lain  bisa kita copy paste katena bentuknya sama tinggal kita sesuaikan saja.

16. selanjutnya kita buat sama untuk bagian sisi kirinya karena sisi kanan sudah dibuat tadi dan bentuknya sama kita bisa copy paste lalu mirar dan tarik kebawah atau kiri dan sesuaikan.

17.selanjutnya kita tinggal kasih warna dan dan kasih logo serta gambar dan informasi lainya.

18.selesai.

Nah cukup mudah kan caranya teman teman. silahkan kunjungi https://zaenalmarufmesuji.blogspot.com/2020/04/kursus-komputer-metro-techno-solution_2.html.  

  

No comments:

Post a Comment

WEB BLOG GRATIS

  CARA MEMBUAT WEB BLOG GRATIS DENGAN MUDAH               Anda mungkin baru mengunjungi salah satu blog inspirati f dan terpikir untuk memb...