Thursday, March 26, 2020

PENGERTIAN WAJAN BOLIC

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! 

Halo guys, kali ini saya Zaenal Ma'ruf dari SMKN 1 WAY SERDANG, akan menjelaskan tentang Parabola Wajan BOLIC! Nah walaupun sekarang masih gempar dengan kabar virus covid-19 atau yang sering di kenal CORONA saya masih tetap menjalankan aktivitas ni guys, saya sedang melaksanakan prakerin di Metro Techno Solution. Yaitu tempet kursus terbaik Lampung guys😍Namun berbeda kini belajar secara online nih guys, biar aman. Ok mari kita simak dan baca tentang blog saya yaitu wajan bolic


WAJAN BOLIC


1. PENGERTIAN  WAJAN BOLIC

Wajanbolic adalah sebuah antena nirkabel yang terbuat dari wajan yang digunakan untuk memperkuat sinyal radio. Hebatnya lagi, ini adalah penemuan anak Indonesia lho. Wajanbolic atau dalam bahasa Inggris wokbolic adalah antena yang dibuat dengan bahan utama wajan penggorengan. Wajanbolic yang pertama kali digagas oleh Pak Gunadi dan dipopulerkan oleh kang Onno W Purbo memang fenomenal. Paling sering digunakan untuk RT/RW net atau hotspot wifi dengan frekuensi 2,4 GHz yang memang bebas alias free. Namun tak hanya untuk frekuensi 2,4 GHz saja karena antena ini bisa dimodifikasi sebagai penangkap sinyal 3G GSM maupun CDMA.Perbedaan mendasar dari ketiganya adalah frekuensi yang digunakan sehingga perhitungan untuk bahan berbeda, modem yang digunakan juga berbeda. Modem ini yang kemudian dipasang di antena penerima. Saya berusaha mengumpulkan teori pembuatan wajanbolic jika sewaktu-waktu dibutuhkan tidak terlalu pusing mencari di google.Perlu diperhatikan yaitu perbedaan antena penerima dengan antena penguat sinyal. Antena penerima membutuhkan modem penerima yang dipasang pada antena (wajan, kaleng atau yang lainnya). Sedangkan antena penerima penguat sinyal tidak memerlukan modem terpasang di antena. Benar nggak sih .Untuk CDMA 1900 MHz kemungkinan masih sulit mencari modem yang murah, jika tak keberatan bisa saja HP dipasang di antena . Nah yang pertama kali wajib dipelajari yaitu tentang wajanbolic e-goen, dan teori tentang wajanbolic 3G GSM.

2. SEJARAH WAJAN BOLIC
antena wajan, atau Wajanbolic e-goen merupakan terobosan dalam teknologi rt/rw-net antena Wajanbolic e-goen dapat menjadi client yang murah dalam sebuah rt/rw-net  sehingga kita dapat ber internet dengan murah.internet murah bukan berarti mencuri bandwidth dan berinternet geratis, seperti kebanyakan orang menyangka.internet menjadi murah karena beban biaya di tanggung ramai-ramai oleh banyak pengguna di sebuah rt/rw dalam rt/rw-net Dimasa sekarang kita sudah tau jaringan tanpa kabel yaitu Wireless, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005.. dan sekarang untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz.. dan apabila kos-kosan kita dekat area hotspot kita hanya memerlukan salah satu perangkat keras diatas, kalau kos-kosan kita jauh gimana yah??,, sekarang kita membahas tentang cara membuat antena wajan bolic yang sekarang lagi naik daun. Antena wajan bolic bertujuan untuk memperhemat dana dari pada membeli antena grid atau yagi yang mahal itu, tapi bisa juga antena wajan bolic dibuat untuk mecrack keamanan ISP. 
     antena Wajanbolic e-goen di kembangkan oleh Pak Gunadi (Pak Gun) atau lebih di kenal e-goen. Pak Gun berasal dari Jogyakarta alumni STEMBAYO. Informasi terakhir, beliau bekerja di Indosat menjadi salah seorang yang bertanggung jawab di Stasiun Bumi Indosat di Purwakarta. Sejak 2005-awal 2006, sosok e-goen dominan memberikan inspirasi bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan antena wajan & antena panci di Indonesia. antena wajan yang kemudian dikenal sebagai wajanbolic e-goen menjadi andalan utama bagi mereka yang ingin membangun rt/rw-net atau wireless internet murah di rumahnya dengan modal sekitar Rp. 300-350.000 saja.
Pak Gun aktif di mailing list indowli@yahoogroups.com dan mengajarkan subscriber indowli@yahoogroups.com teknik-teknik membuat antena murah menggunakan wajan, kaleng,pipa paralon. Dengan peralatan yang sangat sederhana kita dapat membangun sambungan wireles internet yang cukup jauh untuk menjangkau wilayah lebih dari 2-4 km. 

3.FUNGSI WAJAN BOLIC
  1. Menembak sinyal WI-FI yang letaknya jauh (bisa menembak sampai 2 Km-9Km)
  2. Memperkuat sinyal wireless
  3. Menambah sinyal Modem(jika di gunakan untuk modem, bisa menembak HSDPA sampai HSUPA)


4.KEKURANGAN DAN KELEBIHAN WAJAN BOLIC

a. Kelebihan
Penggunaan antena Wajanbolic ini memiliki beberapa keuntungan :
  1. Jaringan lebih cepat daripada modem
  2. Dapat di pasang dengan cepat dan mudah sehingga tidak menyita waktu terlalu banyak.
  3. Murah
b. Kekurangan
  1. Karena berupa ‘solid dish maka pengaruh angin cukup besar sehingga memerlukan mounting ke tower yang cukup kuat
  2. Level daya yang dipancarkan tidak bisa dikendalikan dengan baik.
  3. Tidak sesensitif antena parabolaasli dalam menangkap gelombang sinyal
  4. Tidak tahan lama, harus melakukan kalibrasi ulang berkali-kali.

5.CARA KERJA WAJAN BOLIC

Prinsip kerja antena Wajanbolic seperti antena parabola lainnya, yaitu menempatkan bagian sensitif antena pada titik fokus parabola (wajan) sehingga semua gelombang  mengenai wajan akan terkumpul dan diterima oleh bagian sensitif tersebut. Jangkauan kerja antena ini dapat mencapai hingga 1-2 km bahkan kini ada yang hingga 5 km. Antena Wajanbolic terbentuk dari 3 komponen utama yaitu :
  • Reflektor yang terbuat dari wajan Biasanya wajan yang digunakan berdiameter minimal 40cm, sebagian besar ukuran wajan akan semakin baik karena semakin banyak frekuensi radio yang dapat ditangkap.
  • Bagian Sensitif antena berbentuk Tabung berisi USB WLAN Sebagai Tabung dapat digunakan Pipa Paralon 3” sepanjang 23cm dan bungkus 16cm dari panjangnya dengan Aluminium foil.
  • Kabel penghubung antena ke komputer Biasanya menggunakan kabel USB yang biasanya disediakan dalam paket USBWLAN, dipotong di tengah-tengah dan disambung dengan menggunakan kabel UTP atau Kabel LAN.

No comments:

Post a Comment

WEB BLOG GRATIS

  CARA MEMBUAT WEB BLOG GRATIS DENGAN MUDAH               Anda mungkin baru mengunjungi salah satu blog inspirati f dan terpikir untuk memb...