Sunday, March 22, 2020

PENGERTIAN TECHNOLOGI PROCESSOR DAN TECHNOLOGI RAM

PENGERTIAN TECHNOLOGI PROCESSOR
 DAN TECHNOLOGI RAM

1. PENGERTIAN TECHNOLOGI PROCESSOR

              Prosessor adalah otak dari sebuah komputer, atau sering dikenal dengan nama CPU(Central Prosessing Unit). Yakni suatu cips yang berbentuk IC (Intergrated Circuit).

√Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis Beserta Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya

2.JENIS-JENIS PROCESSOR
         A. INTEL


 

       Proceccor ini diciptakan oleh corporation yang berada di USA, dan proceccor ini juga tidak dianggap remeh lagi karena proceccor ini mempunyai kelebihan sbb:

1. salah satu prosessor yang tahan panas.
2. mempunyai kelebihan Turbo Bos, pada intel core i3 dan core i5, serta core i7 serta prosesnya lebih      cepat.

     B. AMD (Advanced Micro Deviced)



     Perusahaan Prosesor ini berada di Sunnyvale, California di Amerika yang merupakan saingan terberat dari processor intel. Processor ini banyak diminati oleh pengegame karena dilengkapi dengan  VGA Ati Radeon. kekurangan prosesor ini yaitu cepat panas.

       C. ARM (Advanced RISC Machine)

   


         D.TRANSMETA


     Perusahaan yang memproduksi prosesor jenis Transmeta adalah, Transmeta corporation , sebelum perusahaan ini berhenti, prosesor ini sempat menjadi pesaing berat Intel dan Amd, karena prosesor ini saat beroperasi di komputer hanya membutuhkan listrik yang sedikit dan tidak cepat panas saat dipakai dalam jangka waktu yang lama serta mempunyai daya jual yang cukup bersahabat.

3.FUNGSI PROSESOR

Ada beberapa fungsi prosesor, berikut dibawah ini penjelasannya

1.Control Unit (CU) 

   Semua peralatan pada sistem komputer dikendalikan serta diatur oleh bagian ini. Perpindahan data dari memori utama akan di proses di bagian CU. kemudian akan dikirim kembali hasilnya ke memori utama. Setelah itu layar monitor akan menampilkan hasil outputnya yang akan menyimpan data hasil olahan tersebut.

2. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

    Perhitungan matematika atau aritmatika semuanya dijalankan melalui Bagian ALU ini, tanpa terkecuali. Selain itu, jika program atau software yang sedang kita pakai terjadi masalah maka akan ada Informasi Peringatan Kesalahan (Error Warning) yang tampil di monitor kamu, yang semuanya itu dilakukan di bagian ALU ini. Intinya, bagian ALU ini adalah bagian LOGIKA (pengambil keputusan).
4.CARA KERJA PROSESOR

processor melakukan 3 (tiga) cara yaitu:dasar diantaranya:
  • Menggunakan ALU (Arithmetic Logic Unit) yakni sebagai operasi matematis seperti pengurangan, penambahan dan perkalian serta pembagian. Mikro processor modern ini mengandung floating point unit yang bisa menjalankan operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil kehendak dan melompat ke instruksi lain sesuai dengan keputusan.

Pengertian RAM dan ROM, Fungsi, Cara Kerja, dan Perbedaannya

Pengertian RAM 

Pengertian RAM (Random Access Memory) adalah suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan berbagai instruksi program.
Isi RAM dapat diakses secara acak atau tidak tergantung pengaturan tata letaknya. Data di dalam RAM dapat hilang ketika komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.
Kapasitas RAM di dalam suatu komputer berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Fungsi RAM

Seperti yang disebutkan pada pengertian RAM di atas, fungsi RAM secara umum adalah untuk membaca dan menyimpan data. Berikut penjelasannya:

1. Membaca Data

Semua data dan informasi yang disimpan di dalam harddisk dapat dibuka dengan lebih cepat karena peran dari RAm komputer.
Coba bandingkan kecepatan loading membuka file atau program saat pertamakali diakses dengan saat file (baca: pengertian file) atau program tersebut telah dibuka sebelumnya. Saat program atau file dibuka, maka data dibaca dan disimpan dalam RAM sementara sehingga akan lebih cepat dibuka kembali ketika komputer belum di-shutdown.

2. Penyimpanan Sementara

RAM juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat program di dalam komputer sedang dijalankan. Jadi, ketika kita mengerjakan sesuatu, misalnya membuat makalah, maka komputer akan menyimpan data sementara.
Namun, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan karena hal-hal tak terduga. Misalnya listrik padam atau lonjakan arus listrik yang tidak stabil.

Jenis-Jenis RAM

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM:

1. Dynamic RAM (D RAM)

Dynamic RAM adalah jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

2. SD RAM

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) adalah RAM lanjutan dari DRAM namun telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Umumnya SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

3. DDR RAM

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) atau sering disebut dengan DDR saja, yaitu jenis RAM dengan teknologi lanjutdan dari SD RAM. DDR RAM juga memiliki generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan kemunkinan akan terus berlanjut.

4. RDR RAM

RDR RAM (Rambus Dynamic Access Memory) adalah jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SD RAM. Jenis SD RAM digunakan pada perangkat komputer yang menggunakan Pentium 4.

5. S RAM

S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran/ refresh dari CPU. Jenis RAM ini proses kerjanya lebih cepat dari D RAM dan SD RAM.

6. EDO RAM

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah jenis RAM yang digunakan pada perangkat dengan OS Pentium. Jenis memori ini dapat melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.


No comments:

Post a Comment

WEB BLOG GRATIS

  CARA MEMBUAT WEB BLOG GRATIS DENGAN MUDAH               Anda mungkin baru mengunjungi salah satu blog inspirati f dan terpikir untuk memb...